Selasa, 17 Juni 2025

KURIKULUM NASIONAL (PEMBELAJARAN MENDALAM)

KURIKULUM NASIONAL (PEMBELAJARAN MENDALAM)

 






Yogi Anggraena
(Ketua Tim Pengembang Kurikulum Nasional)

Perlu saya garis bawahi, istilahnya perubahan kurikulum, bukan pergantian kurikulum. Pergantian itu seperti kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013, mejadi kurikulum merdeka. Perubahan itu hanya bersifat revisi, seperti halnya kurikulum 2013 juga beberapa kali direvisi. Saya uraikan poin-poinya

1. Saat ini masih berlaku 2 kurikulum yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Nomenklatur itu tidak berubah. Yang masih menerapkan kurikulum 2013 bisa mengubah ke kurikulum merdeka tanpa melalui pendaftaran seperti dulu yang ada 3 jalur.

2. Standar yang diubah cuma 2 yaitu standar kompetensi lulusan dan standar isi. Standar proses dan standar penilaian tetap. Standar kompetensi lulusan sudah terbit, sedang standar isi segera terbit.

3. Permendibudristek 12/2024 tentang kurikulum tidak akan dicabut, tetapi akan diubah beberapa pasal untuk memasukkan pembelajaran mendalam, KKA, profil lulusan, dan bentuk-bentuk kokurikuler

4. Dokumen yang beredar yang disebut sebagai draft kurikulum itu, yang isianya ada kolom PjBL itu adalah draft untuk kurikulum sekolah rakyat, itu pun bukan draft terakhir. 

5. Istilah P5 akan dihapus di perubahan permen 12/2024 dan dikembalikan ke terminologi yang umum yaitu kokurikuler

6. Ada beberapa mata pelajaran yang tidak ada alokasi kokurikuler, yang JPnya nanggung seperti pendidikan pancasila di SMA. 

7. Bentuk-bentuk kokurikuler itu banyak, tidak seperti sebelumnya hanya P5. Bentuk-bentuk itu misalnya penguatan 7 KIAH (berupa senam misalnya), penguatan profil lulusan. pembejaran lintas mapel seperti STEM. Tema tidak ditetapkan oleh pusat tetapi diserahkan ke satuan pendidikan.

8. Walau koordinator P5 tidak ada, jangan khawatir ada penggantinya koordinator pembelajaran berbasis projek. Namun, sebenarnya deskripsi tugasnya lebih ke koordinator kokurikuler 

9. Masih ada pemisahan alokasi intrakurikuler dan kokurikuler. Pelaksanaan kokurikuler boleh model blok maupun reguler.
10. CP juga direvisi yang sifatnya hanya mengurangi kesadaran materi. Itu pun hanya beberapa mata pelajaran. Buku-buku yang lama masih bisa dipakai

Perubahan Kurikulum, Bukan Pergantian

- Perubahan kurikulum adalah revisi, bukan pergantian kurikulum baru.
- Dua kurikulum yang masih berlaku: Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka.

Poin-Poin Penting

1. Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka: Sekolah yang masih menerapkan Kurikulum 2013 dapat mengubah ke Kurikulum Merdeka tanpa pendaftaran.
2. Standar yang Diubah: Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi diubah, sedangkan Standar Proses dan Standar Penilaian tetap.
3. Permendikbudristek 12/2024: Peraturan ini akan diubah beberapa pasal untuk memasukkan pembelajaran mendalam, KKA, profil lulusan, dan bentuk-bentuk kokurikuler.
4. Dokumen Draft Kurikulum: Dokumen yang beredar bukanlah draft terakhir dan hanya untuk kurikulum sekolah rakyat.
5. Penghapusan Istilah P5: Istilah P5 akan dihapus dan digantikan dengan terminologi kokurikuler.
6. Bentuk-Bentuk Kokurikuler: Kokurikuler tidak hanya P5, tetapi juga meliputi penguatan 7 KIAH, penguatan profil lulusan, pembelajaran lintas mapel seperti STEM, dan lain-lain.
7. Koordinator Kokurikuler: Koordinator P5 tidak ada lagi, tetapi akan digantikan dengan koordinator pembelajaran berbasis projek atau koordinator kokurikuler.
8. Alokasi Waktu: Masih ada pemisahan alokasi intrakurikuler dan kokurikuler, dan pelaksanaan kokurikuler dapat dilakukan dengan model blok atau reguler.
9. Revisi CP: CP akan direvisi untuk mengurangi kesadaran materi, dan buku-buku lama masih dapat digunakan.
  1. Standar Kompetensi Lulusan (Permendikdasmen Nomor 10 Tahun 2025) lihat
  2. Rujukan Kurikulum Nasional lihat
  3. Kenapa harus pembelajaran mendalam lihat
  4. Kebijakan terkait pembelajaran mendalam lihat
  5. Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam lihat
  6. Naskah Akademik Koding dan Kecerdasan Artifisial lihat
  7. Modul Coding dan AI pada Pembelajaran Mendalam lihat
  8. Rangkuman Modul 5 Pedagogik Koding dan Kecerdasan Artifisial lihat
  9. Peran Pengawas dalam Pembelajaran Mendalam lihat
  10. Capaian Pembelajaran dan Peraturan terbaru dalam pembelajaran lihat
  11. Capaian Pembelajaran yang sudah displit lihat
  12. Pembelajaran Mendalam (PM): Bukan Kurikulum Baru, Tapi Cara Baru Memaknai Pembelajaran lihat
  13. Regulasi lihat
  14. Cara Menyusun RPP lihat
  15. Contoh RPP deep learning lihat, lihat ; Analisis CP Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Nomor 046/H/KR/2025 lihat
  16. Contoh RPP Kemendikdasmen lihat
  17. Serba serbi perangkat pembelajarn kurikulum merdeka lihat

KURIKULUM NASIONAL (PEMBELAJARAN MENDALAM)
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon